Menu

Mode Gelap

Health · 15 Des 2022 10:09 WIB ·

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Kita.


 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Kita. Perbesar

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

Kebanyakan orang menyukai untuk minum kopi di pagi hari. Termasuk saya sendiri. Bahkan ada juga yang minum di siang, sore, atau malam hari. Rasa dan aromanya yang khas memang bikin ketagihan. Terkadang seperti ada yang hilang jika tidak meminumnya karena sudah saking rutinnya. Belum lagi setelah meminumnya akan mengalir kesegaran luar biasa dan mengurangi atau bahkan menghilangkan rasa kantuk. Apalagi jika tidur larut malam atau begadang karena lembur pekerjaan atau menonton bola.

Selain rasanya yang nikmat dan disukai oleh banyak orang, membuat seseorang terlihat lebih energik dan segar, minuman kopi juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Apa saja manfaatnya bagi kesehatan? Simak berikut ini :

Meningkatkan Fungsi Hati

Konsumsi secara teratur dapat menunjang perbaikan fungsi hati. Berdasarkan penelitian, orang yang minum satu atau dua cangkir per hari memiliki risiko 20-50% lebih kecil menderita penyakit hati.

Mencegah Alzheimer

Konsumsi secara teratur juga dapat membantu untuk mencegah penyakit Alzheimer. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi tiga cangkir atau lebih per hari, dapat mengurangi atau menunda risiko Alzheimer. Namun demikian bukan berarti makin banyak akan makin bagus. Tentu ada batasan maksimalnya. Silakan dikonsultasikan dengan dokter ahlinya.

Mengurangi Risiko Terhadap Diabetes Tipe 2

Manfaat yang selanjutnya adalah memiliki efek yang positif pada diabetes. Menurut sebuah penelitian, orang yang minum kopi 2-4 cangkir per hari bisa menurunkan risiko diabetes tipe 2 hingga setengahnya.

manfaat kopi bagi kesehatan

Mencegah Kanker

Konsumsi dalam jumlah kecil dapat berkorelasi dengan penurunan risiko kanker paru-paru dan kanker hati. Kebanyakan penurunan risiko ini didasarkan pada efek anti-inflamasi yang terkandung di dalamnya.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Adanya kandungan antosianin dan polifenol, membantu meningkatkan sistem daya tahan atau kekebalan tubuh. Artinya, orang yang rutin minum kopi lebih sedikit terpapar penyakit dibandingkan mereka yang jarang meminumnya.

Meningkatkan Metabolisme

Penelitian menunjukkan bahwa kandungan kafein di dalamnya dapat meningkatkan metabolisme hingga 16%. Hal ini membantu sistem tubuh beradaptasi dengan trigliserida dan lemak, yang bisa membantu pembakaran lemak di dalam tubuh, sehingga bisa membantu menurunkan berat badan menuju ideal.

Meningkatkan Konsentrasi

Kafein juga memiliki efek meningkatkan konsentrasi dan membuat seseorang lebih fokus. Penelitian klinis mengungkap bahwa kafein dapat membuat orang memiliki tingkat kesadaran yang lebih tinggi daripada orang yang tidak mengkonsumsi kafein.

Baca juga : Sebelum Anda Lari Jarak Jauh

Kenapa jantung berdebar kencang setelah minum kopi?

Hal ini dikarenakan kopi dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah, yang dapat meningkatkan denyut jantung. Kandungan kafein di dalamnya juga bisa memicu respon sistem saraf yang menyebabkan jantung berdebar. Selain itu, reaksi alergi atau hipersensitivitas terhadap kopi dapat menyebabkan jantung berdebar kencang.

Kesimpulan

Ada banyak manfaat kopi bagi kesehatan tubuh sabagaimana telah dijabarkan di atas. Di samping itu,  dapat mengurangi risiko berbagai macam penyakit. Namun, orang yang memiliki kondisi medis khusus harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter mereka sebelum mulai minum kopi secara teratur. Apapun keputusannya, selalu patuhi dosis kopi yang direkomendasikan agar anda bisa mendapatkan manfaatnya secara optimal tanpa menimbulkan masalah kesehatan yang baru bagi Anda.

Kata kopi sendiri awalnya berasal dari bahasa Arab: قهوة‎ qahwah yang pada masa itu digunakan untuk menyebut minuman anggur, sedangkan kata bunn pada masa itu digunakan untuk menyebut kacang-kacangan. Maka disebutlah qahwah al-bunn yang berarti minuman mirip anggur yang berasal dari biji-bijian seperti kacang. Kemudian kata qahwah lebih digunakan untuk menyebut minuman kopi ini daripada untuk menyebut minuman anggur, sedangkan kata bunn akhirnya lebih digunakan untuk menyebut biji kopi daripada untuk menyebut kacang-kacangan. Kata qahwah kembali mengalami perubahan menjadi kahveh di bahasa Turki dan kemudian berubah lagi menjadi koffie dalam bahasa Belanda. Penggunaan kata koffie segera diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi kata kopi yang dikenal saat ini (wikipedia)
Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Alopecia Itu Apa?

12 Desember 2022 - 17:40 WIB

alopecia

Top 30 Best Motivational Quotes for Fitness

26 Januari 2022 - 09:10 WIB

30 best motivational quotes

Tekanan Darah Tinggi ? Ini Makanan yang Harus Dijaga.

14 Januari 2022 - 18:09 WIB

makanan untuk darah tinggi

Diet and Weight Loss Facts You Need To Know

19 Agustus 2018 - 00:50 WIB

5 Tips To Help You Wipeout Your Depression

18 Agustus 2018 - 22:45 WIB

Your Job is Really Stressful?

10 Juli 2018 - 01:16 WIB

Trending di Health